Cek Bansos Cair Bulan September 2024 Beserta Caranya

ilustrsi...

ACEH -- Pemerintah kembali akan melanjutkan penyaluran sejumlah bansos (bantuan sosial) pada September 2024. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengatasi dan menyelesaikan pelbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Berikut ini informasinya.

Apa itu bansos? Dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyaluran Belanja Bantuan Sosial di Lingkungan Kementerian Sosial, bantuan sosial merupakan bantuan berupa uang, barang, atau jasa kepada seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan/atau rentan terhadap risiko sosial.

Agar dapat menerima bansos, masyarakat harus terdaftar dalam DTKS. Dirujuk dari Instagram resmi Kementerian Sosial RI, @kemensosri, DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) adalah data induk berisikan informasi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Mari, simak sejumlah bantuan sosial yang sedianya terjadwal cair pada September 2024 melalui uraian di bawah ini.

Daftar Bansos Cair Bulan September 2024

1. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)
Dikutip dari buku Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Tahun 2021, bansos PKH adalah upaya pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan antargenerasi. Program ini telah dimulai sejak 2007 silam.

Bantuan sosial PKH akan disalurkan melalui kantor pos terdekat atau Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Adapun besarannya, sebagaimana dikutip dari Portal Informasi Indonesia, adalah:

Balita (usia 0-6 tahun) mendapat Rp750.000 per tahap (Rp3.000.000 per tahun).

Ibu hamil dan masa nifas mendapat Rp750.000 per tahap (Rp3.000.000 per tahun).

Siswa Sekolah Dasar (SD) mendapat Rp225.000 per tahap (Rp900.000 per tahun).

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapat Rp375.000 per tahap (Rp1.500.000 per tahun).

Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mendapat Rp500.000 per tahap (Rp2.000.000 per tahun).

Lansia berusia 70 tahun ke atas mendapat Rp600.000 per tahap (Rp2.400.000 per tahun).

Penyandang disabilitas berat mendapat Rp600.000 per tahap (Rp2.400.000 per tahun).

Dikutip dari situs resmi BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Provinsi Aceh, September 2024 termasuk tahap pencairan bansos PKH ketiga. Adapun keseluruhan tahapnya adalah:

Tahap 1 (Januari-Maret)
Tahap 2 (April-Juni)
Tahap 3 (Juli-September)
Tahap 4 (Oktober-Desember)

2. Bantuan Beras 10 Kilogram
Dikutip dari situs resmi Kampung KB BKKBN, bantuan beras 10 kg adalah program pemerintah yang diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tidak mampu/miskin di luar yang sudah menerima PKH, BPNT, BST, dan BLT.

Penyaluran bantuan beras ini akan dilakukan melalui desa/kelurahan via PT Pos Indonesia. Dikutip dari PPID Kabupaten Aceh Timur, syarat pengambilannya menggunakan KTP asli penerima dan undangan. Bila berhalangan, dapat diwakilkan keluarga yang masih berada dalam satu KK dengan membawa KTP penerima dan yang mewakili serta undangan.

Mulanya, bantuan beras ini akan diberikan sampai Juni 2024 saja. Namun, berdasarkan informasi terbaru, bantuan beras 10 kilogram akan dilanjutkan hingga akhir 2024 karena APBN dianggap cukup untuk menyokongnya.

"Januari sudah dapat? Februari sudah? Maret sudah? April sudah? Mei sudah? Yang diterima ini Juni? Setelah Juni nanti Agustus, Oktober, Desember. Sampai Desember diteruskan ya," ujar Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia dikutip dari detikNews pada Selasa (3/9/2024).

3. Bansos BPNT (Bantuan Pangan Nontunai)
Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BPNT adalah bantuan yang diberikan kepada KPM dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan. Bentuknya adalah Kartu Keluarga Sejahtera yang bisa digunakan di e-warong terdekat.

Lebih lanjut, besaran bansos BPNT adalah Rp400.000 (Rp200.000/bulan) yang pencairannya dilakukan dua bulan sekali. Adapun tanggal pencairannya, dikutip dari dokumen bertajuk Kenali Lebih Dekat Program Bantuan Pangan Non Tunai oleh Kemensos, adalah setiap tanggal 25.

Cara Cek Penerima Bansos September 2024
Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.
Isi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.
Isikan juga nama lengkap sesuai KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Isi captcha yang ada di bagian bawah.

Tekan 'Cari Data'.

Jika termasuk penerima, akan terlihat tabel berisi status penerima, keterangan, dan periode pemberian bantuan.

Jika tidak termasuk, maka akan tertulis 'Tidak Terdapat Peserta/PM'.

Demikian informasi lengkap mengenai daftar bansos yang akan cair pada September 2024 plus cara ceknya. Semoga bermanfaat.




Sumber : Detikcom

0/Post a Comment/Comments