Koperasi Nelayan Tairouw Aceh Timur Mengikuti Magang Bagi Pengurus Koperasi Nelayan di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

KABEREH NEWS | CILACAP -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkopukm) Deputi Bidang Perkoperasian menggelar acara Magang Bagi Pengurus dan anggota Koperasi Nelayan. Acara yang diikuti perwakilan koperasi Nelayan Tairouw ini digelar di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Acara ini terbagi dalam beberapa sesi dan tempat. Di Cilacap diikuti 15 Koperasi/perwakilan koperasi dari berbagai daerah Indonesia.

Ketua Koperasi Perikanan Tairouw Aceh Timur Syamsuddin Alias Bang Syam, bersama Sekretarisnya Bukhari, mengaku senang dengan adanya acara tersebut. Sebab banyak manfaat yang didapat dari kegiatan magang seperti ini.

"Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk koperasi baik yang sudah lama maupun yang baru untuk belajar banyak hal dari koperasi yang sudah berkembang," kata Bang Syam kepada awak KABEREH NEWS, Minggu (18/08/2024).

Ada berbagai ilmu yang ia dapat dari acara magang yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkopukm) Deputi Bidang Perkoperasian ini. Salah satunya pengelolaan digitalisasi koperasi. Selama ini koperasi yang ia ikuti masih menerapkan sistem manual.

"Seru acaranya, bagus banget. Soalnya langsung tahu penerapan sistem digitalisasi di lapangan seperti ini. Jadi kita belajar, ketika kami beralih ke digitalisasi juga, sudah bisa menerapkan itu," terangnya.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini rutin diadakan karena bisa membuat koperasi lebih berkembang dan saling berbagi ilmu satu sama lain.

"Kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan. Agar koperasi yang ada di Indonesia bisa terus berkembang dan bisa menyejahterakan anggotanya," jelasnya.

Sementara itu, pihak penyelenggara Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkopukm) Deputi Bidang Perkoperasian menjelaskan agar para peserta setelah mengikuti magang dapat menerapkannya dengan baik di dalam mengelola koperasi kedepannya di tempat asal peserta.

"Semoga koperasi perikanan Tairouw Aceh Timur makin maju dan dapat mensejahterakan anggotanya" sebut salah seorang penyelenggara. Saat di hubungi KABEREH NEWS via chat WashApp. (Ayahdidien)

0/Post a Comment/Comments