Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024, Polres Aceh Timur Gelar Sispamkota

KABEREH NEWS | ACEH TIMUR -- Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur, Polda Aceh menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan pengamanan Pilkada 2024 dengan melibatkan kekuatan personel Polri dan Brimob. Jum'at, (23/08/2024) sore.
 
Kapolres Aceh Timur AKBP Nova Suryandaru, S.I.K. mengatakan, simulasi Sispamkota untuk memaksimalkan persiapan personel pengamanan dari satuan tugas gabungan Polres Aceh Timur dan Brimob serta pemangku kepentingan terkait.
 
“Dalam Pilkada ini, Polri memiliki peran yang sangat strategis karena Polri melaksanakan tugas pokok fungsinya yang langsung bersentuhan dengan objek pengamanan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif selama proses pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024,"kata Kapolres.

Sekitar 300 personel gabungan Polres Aceh Timur dan Satbrimob Polda Aceh mengikuti simulasi latihan tersebut yang digelar di Lapangan Sarja Arya Racana.
 
Abituren AKPOL 2003 ini juga menegaskan, situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif merupakan syarat utama dalam menyelenggarakan Pilkada 2024.

Oleh karena itu, kata Kapolres, giat tersebut merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Polres Aceh Timur dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi ke depannya.
 
"Berbagai potensi kerawanan dapat terjadi pada setiap tahapan pemilu yang berupa pelanggaran tindak pidana pemilu, termasuk tindak pidana umum, sehingga hal tersebut harus dikelola dan tangani secara prediktif, profesional dan transparan serta akuntabel," lanjut Kapolres.
 
Melalui latihan ini diharapkan personel yang terlibat pengamanan dapat mengerti apa yang menjadi tugasnya, mampu berkoordinasi antar fungsi dan satuan kerja serta memahami cara bertindak pada saat menerima informasi ataupun arahan dari para pimpinan yang berada di lapangan. Terang Nova.(Redaksi1)

0/Post a Comment/Comments