Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Gelar Lomba Sinopsis Tingkat SD di Peureulak

KABEREHNEWS.COM | PEUREULAK -- Istri Sekretaris Daerah kabupaten Aceh Timur dr. Maizarniwati Mahyuddin, secara resmi membuka lomba bercerita tingkat SD (Sinopsis) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur pada Kamis, (08/08).

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan drh. Muhammad Mahdi, dalam sambutanya, tujuan dalam lomba ini adalah untuk meningkatkan minat dan membudayakan kegemaran membaca menuju literasi masyarakat yang semakin maju.

Salah satu melestarikan budaya cerita sejarah lebih khusus daerah Aceh terutama Aceh Timur untuk mengembangkan dan meningkatkan bakat, kreativitas dan imajinasi anak dalam bercerita,

Adapun lomba kali ini diselenggarakan 1 hari yang diikuti sebanyak 60 orang peserta di Tingkat SD.

"Sinopsis adalah sebuah ringkasan atau penjelasan singkat mengenai cerita, acara, film, buku, Novel lomba bercerita yang dilaksanakan pada hari ini oleh dinas perpustakaan dan kearsipan, menjadi kesempatan bagi para murid sekolah dasar, untuk mengasah kemampuan menulis mereka, dan meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan ide.

Lebih lanjut, Istri Sekretaris Daerah kabupaten Aceh Timur dr. Maizarniwati Mahyuddin, menambahkan, lomba bercerita merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan dan membudayakan, kegemaran membaca dan menulis di kalangan pelajar,

Terutama murid sekolah dasar. diharapkan tidak hanya memahami buku yang telah dibaca, akan tetapi dapat menuliskan kembali secara ringkas, cerita yang sudah dibacanya, kemudian menyampaikan kepada orang lain apa yang telah dibacanya.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya, untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca di kalangan anak – anak secara serentak dan terpadu, yang melibatkan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan khususnya masyarakat.

kebiasaan bercerita akan sangat mendukung perkembangan mental dan imajinasi anak, karena kebiasaan bercerita atau mendongeng akan mengasah keberanian mental, mengungkapkan pikiran dan gagasan. dari sisi imajinasi, dengan bercerita atau mendongeng, anak akan berimajinasi seakan memerankan tokoh-tokoh cerita tersebut, tambah dr. Maizarniwati.

Mengapresiasi penyelenggaraan lomba ini, sebagai wadah kita untuk menjaring serta menciptakan murid- murid yang berbakat dan berkualitas. membiasakan anak untuk hidup cerdas, memiliki mental kreatif, kompetitif dan berani tampil didepan, sehingga nantinya siap berkompetisi dalam event yang lebih besar dengan skala yang lebih luas.

kepada bapak dan ibu guru pembimbing saya berharap, untuk terus menanamkan motivasi membaca kepada anak – anak kita. mari kta jadikan membaca menjadi sebuah rutinitas dan menjadi sebuah kebiasaan, atau bahkan kebutuhan dan budaya, guna menuju literasi masyarakat yang maju, sebut dr. Maizarniwati

0/Post a Comment/Comments