Begini Penampakan Kapal Budidaya Ikan Revolusioner, Ocean Ark Canggih dan Ramah Lingkungan

KABEREH NEWS | Ocean Ark adalah kapal budidaya ikan revolusioner yang dikembangkan oleh Ocean Ark Tech of Chile dalam kemitraan dengan Ocean Sovereign. Kapal tersebut merupakan kapal trimaran bermotor dengan panjang 170 meter dan lebar 64 meter yang dirancang untuk beroperasi di perairan lepas pantai, yang kondisinya optimal untuk budidaya perikanan. Ini menampilkan teknologi rendah emisi, kecerdasan buatan, dan keramba tembaga yang dapat membersihkan sendiri, yang penting untuk menjaga kesehatan ikan dan mengurangi dampak lingkungan. 

Mobilitas kapal memungkinkannya menghindari kondisi lingkungan yang berbahaya seperti gelombang panas laut, badai, dan pertumbuhan alga, yang merupakan tantangan umum dalam budidaya perairan pesisir tradisional. Kemampuan ini tidak hanya meningkatkan kualitas ikan yang dihasilkan tetapi juga mengurangi kebutuhan pengangkutan ikan jarak jauh, sehingga mengurangi emisi terkait. Ocean Ark dapat menampung biomassa hingga 4.000 ton, dan dirancang untuk menghasilkan ikan yang lebih sehat dan berkualitas lebih tinggi dengan biaya lebih rendah dibandingkan sistem akuakultur yang ada. 

Proyek ini secara prinsip telah mendapat persetujuan dari lembaga klasifikasi kelautan RINA, menandai tonggak penting dalam pengembangan solusi akuakultur inovatif ini. Pembangunannya direncanakan bekerja sama dengan galangan kapal di Turki dan China. (Redaksi1)

0/Post a Comment/Comments