Adansônia Digitata (Baobab) Pohon yang Mungkin Belum Pernah Anda Lihat !

BAOBAB adalah batang paling tebal di dunia! Batangnya yang berongga berdiameter lebih dari 20 meter dan dapat menyimpan hingga 120.000 liter air. Ukurannya sangat mengesankan sehingga beberapa baobab digunakan sebagai rumah, gudang, atau tempat berlindung hewan, tetapi sayangnya spesies ini terancam punah.

Diperkirakan mereka dapat hidup hingga dua ribu tahun, dihitung berdasarkan diameternya. Nama ilmiahnya adalah Adansônia Digitata, tetapi mereka juga dikenal sebagai baobab, baobab, atau calabeiras.

Pohon ini benar-benar kuat: ia menampung ratusan hewan, burung, dan serangga di batangnya yang besar. Bunganya berukuran hingga 20 cm dan mekar dalam semalam, tetapi mengandung nektar dan buah-buahan yang berfungsi sebagai makanan bagi suku dan hewan di diset, serta memiliki indikasi untuk digunakan untuk mengobati malaria.

Minyak khusus diekstraksi dari getah pohon ini; dari batangnya, penduduk asli Madagaskar membuat kano (sejenis kano panjang); dan gabusnya memiliki senyawa obat untuk melawan epilepsi. Tidak mengherankan, di Afrika, pohon baobab melambangkan kehidupan: simbol kesuburan, kelimpahan, dan penyembuhan.

By : Abbu Ibrahim Elleman

0/Post a Comment/Comments