Petani Serbajadi Menjerit Dilanda Kekeringan Parah dan Ancaman Hama Penyakit Tanaman, Terancam Gagal Panen

KABEREH NEWS | SERBA JADI -- Serba Jadi di landa kekeringan, ratusan hektar padi sawah dan padi gogo milik petani di 17 desa dalam kecamatan Serba Jadi Terancam gagal panen. Untuk saat ini sangat membutuhkan bantuan Pompanisasi agar dapat menyelamatkan tanaman Padi petani di Serba Jadi dari ancaman gagal panen. Minggu 28 Juli 2024

Ada 13 desa yang yang dilanda kekeringan di Serba Jadi yaitu : Desa Mesir, Desa Rampah, Desa Sembuang, Desa Jering, Desa Sekualan, Desa Desa Sunti, Desa ujung karang, Desa Lelis, Desa Tulang, Desa Terujak, Desa Nalon, Desa Lokop, Desa Selemak.

Untuk Upaya Pertolongan Sementara Dinas Tanaman dan Horti Kultura Kabupaten Aceh timur telah Merealisasikan Sebanyak 6 Unit mesin pompa Air, diantaranya kepada petani Serba Jadi pada tgl tgl 6 juni 2024 yang Lalu, Desa Tualang sebanyak 2 Unit Desa Lokop 1 Unit Desa Sunti 1 Unit, Desa Skualan. 1 Unit, Desa Jering 1 Unit, desa Rampah 1 Unit, untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan pada tanaman padi petani Serba Jadi.

Namun Masih ada beberapa desa Lagi yang belum memiliki solusi penyelamatan dari bencana kekeringan tersebut yaitu yang belum memiliki mesin pompa air. 

Apalagi tahun ini bukan hanya Desa - Desa yang merupakan basis petani padi terjadi keringan, tetapi seluruh Desa dalam kecamatan Serba Jadi mengalami kekeringan yang dapat mengancam Gagal panen, sangat membutuhkan solusi dan bantuan dari pemerintah dan dinas terkait Untuk penyelamatan padi petani di Desa - Desa tersebut.

Selain terjadinya kekeringan pada Tanaman padi petani di Serbajadi juga mengalami Serangan Hama dan penyakit yang menyerang Ratusan Hektare Taman Jagung, tepatnya di Desa Bunin dan desa Arul Durin karna desa tersebut masyarakat nya terbanyak Sebagai petani Jagung di kecamatan Serba Jadi dan sangat membutuhkan Bantuan pestisida Untuk mengatasi Serangan Hama dan penyakit yg Sedang menyerang Tanaman Jagung tersebut

Bukhari Muslim. MH. Selaku ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Serba Jadi mewakili dari Seluruh petani kecamatan Serba Jadi berharap kepada dinas tanaman pangan dan Horti Kultura Kabupaten Aceh timur Untuk meninjau dan membantu solusi penanggulangan kekeringan pada tanaman padi petani dan serangan hama dan penyakit terhadap tanaman Jagung petani Serba Jadi, Harap Bukhari.

0/Post a Comment/Comments