Keterlambatan dan Ketidaksiapan: Antara Harapan dan Kenyataan Popda Aceh XVII 2024 yang Masih Sepi Persiapan

KABEREH NEWS | ACEH TIMUR - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh XVII 2024 yang akan dimulai dalam satu hari lagi terlihat masih sepi dan minim persiapan.Tidak terlihat tanda-tanda kegembiraan yang biasanya menyertai acara sebesar ini. 


Sebagai tuan rumah, Kabupaten Aceh Timur nampaknya belum sepenuhnya siap untuk menyelenggarakan acara olahraga ini, sehingga memunculkan pertanyaan dari publik mengenai dukungan dari pemerintah daerah.


Sejak Jumat, 5 Juli 2024,berdasarkan pantauan media ini, kondisi di sekitar Lapangan Pusat Pemerintahan Aceh Timur yang menjadi lokasi utama pembukaan Popda, masih jauh dari siap. Banyak stand yang kosong, belum ditempati oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memamerkan hasil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Bahkan, panggung utama baru dilengkapi dengan pemasangan sound system audio, tanpa ada persiapan lebih lanjut.


Kurangnya penerangan di area tersebut juga menjadi masalah yang mencolok. Hal ini menambah kesan bahwa panitia lokal Kabupaten Aceh Timur kurang siap menjadi tuan rumah untuk acara olahraga sebesar Popda Aceh XVII. Muncul kesan bahwa acara ini seperti even tingkat kecamatan, bukan skala daerah yang seharusnya lebih megah dan teratur.


Disisi lain Media Center Popda yang seharusnya berfungsi sebagai pusat informasi dan komunikasi, juga belum beroperasi, semakin menyatakan bahwa acara ini tidak dikelola dengan baik.


Walaupun persiapan masih jauh dari harapan, masih ada harapan bahwa dalam waktu satu hari ke depan, panitia dan pihak terkait dapat mempercepat persiapan dan memperbaiki kekurangan yang ada. Dukungan penuh dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah dan provinsi, sangat penting untuk memastikan Popda Aceh XVII 2024 dapat berjalan lancar dan sukses.


Acara seperti Popda seharusnya menjadi festival yang meriah dan penuh semangat, bukan hanya untuk peserta tetapi juga bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, peningkatan kesadaran dan dukungan dari berbagai pihak sangatlah penting.


Selain itu, keterlibatan aktif dari OPD dan pelaku UMKM juga sangat diperlukan. Stand-stand yang kosong harus segera diisi dengan pameran hasil UMKM yang dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung. Penyediaan fasilitas yang memadai, termasuk penerangan yang cukup, juga harus segera ditingkatkan.


Popda Aceh XVII 2024 merupakan wadah penting bagi pelajar dan atlet muda untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka. Kesiapan dan dukungan penuh dari semua pihak, mulai dari panitia lokal hingga pemerintah daerah dan provinsi, sangat diperlukan untuk memastikan kesuksesan acara ini.


Dalam konteks ini, setiap pihak diharapkan berperan aktif dan berkontribusi dalam menyukseskan Popda Aceh XVII 2024. Dengan kerja sama yang baik dan dukungan yang memadai, diharapkan acara ini dapat memberikan manfaat yang besar, tidak hanya bagi peserta tetapi juga bagi para peserta, tetapi juga bagi perkembangan olahraga dan ekonomi di Aceh Timur.


Sampai berita ini tanyang, pihak panitia pelaksana belum dapat dihubungi untuk memberikan keterangan lebih lanjut mengenai persiapan Popda. (Red/aqbar)

0/Post a Comment/Comments