Para Petani Desa Keude Blang Idi Rayeuk Aceh Timur Terima Bantuan Pupuk yang Bersumber dari 20% Anggaran DD 2024

ACEH TIMUR | Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito, S.Sos, MH Menjadi Narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Kerawanan Pangan dan Gizi pada Selasa, 27 Februari 2024. Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Bappeda serta Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten se-Indonesia.

Sugito memaparkan bahwa, minimal 20% dari penggunaan dana desa diutamakan untuk mendukung penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani. Langkah yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan Dana Desa untuk ketahanan pangan antara lain: memastikan program/kegiatan disepakati dalam musdes, masuk dalam RKP Desa dan APB Desa, serta RKP Desa dan APB Desa dipublikasikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pemerintah Desa Keude Blang dalam menyikapi hal itu hari ini menyalurkan Pupuk untuk kali ini meskipun DD belum cair dengan cara melakukan penalangan dana karena keadaan mendesak, yaitu para petani sudah mulai memasuki musim tanam yang tentunya membutuhkan Pupuk.

Usman Musa selaku Keuchik Keude Blang kepada awak media mengatakan, untuk hari ini sebagai tahap pertama kita salurkan Pupuk dulu nanti akan menyusul penyaluran bantuan Racun Hama dan alat Pompa penyemprot Hama. "Kami selaku Keuchik Gampong Keude Blang berinisiatif menalangi dana untuk penyaluran Pupuk hari ini karena para petani sudah memasuki musim tanam, harapan kami agar dapat segera dimanfaatkan oleh Petani, sementara itu untuk bantuan lanjutan yaitu Racun dan pompa akan menyusul" terang Usman Musa

Lanjutnya lagi, jumlah penerima 56 orang petani yang terdiri dari 2 kelompok tani yang ada di Desa Keude Blang.

Pantauan media ini dilapangan yaitu di kios pupuk Sahabat Tani, turut didampingi oleh Muspika Kecamatan Idi Rayeuk, Babinsa dari Koramil 0104 Idi Rayeuk dan Bhabinkamtibmas dari Polsek Idi Rayeuk serta awak media dari media online yang ada di Aceh Timur.

Salah seorang petani penerima manfaat yang tidak mau namanya ditulis mengucapkan terima kasih kepada Keuchik yang telah berinisiatif untuk melakukan penyaluran dengan cara menalangi lebih dulu padahal DD belum cair.(Ayahdidien)

0/Post a Comment/Comments